HFQ TAMAN SORGA

HFQ TAMAN SORGA

Rabu, 11 Februari 2015

PENGHORMATAN TERHADAP PARA SHALIHIN

PENGHORMATAN TERHADAP PARA SHALIHIN
Al Habib Abdullah bin Husein bin Thahir berkata :
Bawalah dirimu senantiasa berkumpul dengan orang-orang yang shaleh dan biasakanlah berperilaku sebagaimana perilaku mereka. Ambillah manfaat dari perbuatan-perbuatan dan perkataan-perkataan mereka.
Biasakanlah berziarah kepada mereka baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal disertai dengan sebaik-baiknya penghormatan dan berbaik sangka yang tulus. Dengan cara itulah orang yang mengunjungi mereka akan mendapat manfaat dan karunia melalui mereka.
Sesungguhnya begitu sedikitnya manfaat yang didapatkan oleh orang-orang pada zaman sekarang disebabkan karena sedikitnya rasa penghormatan mereka terhadap para shalihin sehingga mereka tidak mendapatkan keberkahan dan manfaat darinya.
Mereka juga tidak pernah menyaksikan karomah-karomah para shalihin sehingga mereka mengatakan bahwa sudah tidak ada lagi para Wali-wali Allah pada zaman sekarang. Padahal alhamdulillah mereka para wali Allah saat ini begitu banyak, baik yang kelihatan maupun yang tersembunyi.
Tidaklah mengetahui keberadaan mereka kecuali orang-orang yang hatinya diberi cahaya oleh Allah dengan cahaya-cahaya penghormatan dan berhusnudzon kepada para shalihin.
Oleh karena itu tepatlah yang dikatakan dalam suatu penuturan “ALMADAD FIL MASYHAD” Bahwa : "Besarnya karunia dan pemberian Allah kepada seseorang yang didapatkan dari para shalihin adalah tergantung dari seberapa besar orang tersebut memandang dan memposisikan mereka di dalam dirinya."
Jika dia melihat para shalihin tadi dengan bersuudzon (berburuk sangka), maka karunia dan pemberian yang ia dapatkan tentunya sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Akan tetapi sebaliknya, jika ia melihat mereka dengan pandangan penghormatan dan berhusnudzon, maka ia akan mendapatkan karunia dan pemberian dari Allah sebesar rasa penghormatan dan husnudzonnya kepada mereka.
Semoga Allah senantiasa membersihkan setiap sanubari kita dan menghiasinya dengan akhlak yang mulia ......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar